Wednesday, March 31, 2010

speech (professional sudies assignment)

Catatan berikut ini adalah teks idato yang saya buat untuk memenuhi tugas mata kuliah professional studies pada semester 4.

Nama : Sally

Kelas : MC11-6B

NIM : 2007110618

Selamat siang teman-teman semua. Yang terhormat Bapak Arnold Pualam dan Ms. Valencia Naomi. Puji syukur marilah kita panjatkan kepada Allah SWT karena berkat ridho-Nya lah kita semua dapat berkumpul bersama-sama dalam keadaan sehat walafiat siang ini.

Seperti yang kita ketahui bersama didalam era globalisasi ini ketatnya persaingan dalam berbisnis sudah mencapai level yang cukup tinggi. Dengan banyaknya saingan baik dalam hal pekerjaan maupun orang yang melamar pekerjaan tersebut kemampuan-kemampuan atau skills yang baik akan menjadi kunci menuju dunia bisnis sekarang ini. Seseorang yang profesional lah yang nantinya akan sukses dan bisa berkecimpung di dunia bisnis itu. Seseorang yang professional itu seperti apa? Pendidikan yang tinggi saja tidak cukup untk menjadi profesional. Ada beberapa faktor yang berasal dari diri kita sendiri yang harus kita gali dan kita raih untuk mencapai kesuksesan dalam berbisnis sebagai profesional.

Pada kesempatan kali ini lah saya akan memberikan beberapa materi yang semoga saja nantinya bisa berguna untuk meraih kesuksesan teman-teman semua.

Seperti yang saya bilang tadi, faktor-faktor itu berasal dari diri kita sendiri. Faktor pertama, yang sangat mendasar adalah penghargaan diri atau yang biasa kita sebut dengan self esteem. Apa sih arti self esteem itu sendiri? Self esteem adalah pengertian positif yang melekat pada diri kita sebagai manusia. Lalu bagaimana cara untuk menemukan self esteem pada diri kita? Tentu saja kita harus mempunyai self awareness atau kesadaran akan diri kita sendiri. Kita harus tahu apa kemampuan kita, apa kelebihan kita, apa kekurangan kita, dan segalanya tentang diri kita. Self esteem sendiri mempengaruhi kesuksesan atau kegagalan kita. Jika kita mempunyai self esteem yang rendah maka tentu kegagalan yang akan kita dapat, sebaliknya self esteem yang tinggi pada diri kita akan memberikan kesuksesan nantinya. Lantas bagaimana cara kita untuk meningkatkan self esteem kita sehingga kita bisa meraih sukses? Dengan lebih menghargai dan mencintai diri kita sendiri tentunya. Contohnya ketika kita semua sebagai mahasiswa mengalami stress berat ketika harus maju kedepan kelas dan mempresentasikan materi. Seprofessionalnya seseorang tentu akan mengalami apa yang dinamakan dengan nervous atau rasa gelisah. Dengan lebih mempercayai diri kita seperti berkata, “ Saya bisa, saya pasti akan sukses didepan nanti!” maka rasa percaya diri itu akan timbul dengan sendirinya. Kita lebih menghargai diri kita sendiri dan mencintai apa yang kita punya. Dengan begitu ketika kita maju kedepan kelas, perlahan-lahan rasa gelisah itu akan hilang dan digantikan oleh rasa percaya diri dan penghargaan diri yang tinggi.

Penghargaan tinggi yang tinggi tentu dibantu dengan unsur positif yang ada pada diri kita dan yang kita sebarkan pada orang-orang disekitar kita. Bagaimana sih cara kita memperoleh perilaku positif atau positive attitude? Berbeda dengan self esteem dimana kita melihat pada diri kita sendiri, positive attitude yaitu cara kita melihat suatu hal dengan jiwa. Untuk memperoleh positive attitude maka kita pun harus berpikiran positif. Jangan pernah membiarkan pikiran negatif mendominasi kita. Contohnya di kampus ketika tiba-tiba ada gossip yang berkata tidak enak tentang diri kita, dengan berpikiran negatif tentang gosip itu maka pikiran kita akan berkecamuk dan tidak nyaman, kita menjadi gelisah setiap saat, cenderung menjadi tidak percaya kepada orang lain, dan prasangka-prasangka buruk lainnya. Tetapi ketika kita berpikiran positif dan berpikir, “ Ah, gosip apa sih…Yang penting gue ga gitu…Itu mah dia ngefans aja kali sama gue mangkanya gue digosipin..”, maka pikiran kita akan lebih nyaman dan pastinya dengan sendirinya gosip itu akan menghilang karena tidak kita tanggapi. Dengan berpikiran dan bertindak positif maka kehidupan kita akan jadi lebih baik dan kita akan bahagia menjalani hari-harinya.

Setelah meningkatkan self esteem dan juga memperoleh positive attitude maka jalan kita menuju sukses akan semakin lurus dan mulus untuk kita lewati. Disini kita juga harus memperhatikan bagaimana cara kita mengolah waktu dengan benar untuk diri sendiri atau personal time management kita. Ada pepatah yang mengatakan bahwa waktu adalah uang. Dari pepatah itu maka kita bisa mengartikan bahwa waktu itu sangatlah penting dalam kehidupan kita. Seperti kehilangan uang jika kita kehilangan waktu maka kita bisa mengalami kerugian. Sering kali kita berkata ,” Wah ga kerasa ya, udah tanggal segini lagi.”, waktu memang berjalan begitu cepat. Maka dari itu kita harus memanfaatkan waktu itu dengan sebaik mungkin. Dengan lebih memperhatikan apa yang baik untuk kita lakukan dan apa yang tidak baik untuk kita lakukan bisa menjadi cara untuk memanfaatkan waktu yang ada. Hal yang baik untuk kita lakukan tentunya akan kita kerjakan, sebaliknya hal yang tidak baik maka harus kita tinggalkan, karena itu hanya akan membuang-buang waktu kita saja. Dengan memanfaatkan waktu sebaik mungkin dan meminimalisir pembuangan waktu yang tidak berguna maka kehidupan kita akan lebih teratur dan kita nyaman menjalaninya.

Itulah tadi beberapa faktor yang bisa menunjang diri kita sebagai seorang yang profesional baik di dalam dunia bisnis maupun dunia sosial. Dengan penghargaan diri yang tinggi, sikap positif, dan manajemen waktu yang baik maka kesuksesan bisa kita raih didepan mata kita. Marilah kita raih sukses itu bersama-sama dengan menjadikan diri kita lebih baik dari hari kemarin.

Terima kasih. Cukup sekian pidato dari saya. Selamat siang.


0 comments:

Post a Comment