Wednesday, March 31, 2010

speech - 2 (professional sudies assignment)

Professional Studies

Nama : Sally

Kelas : MC11-6B

NIM : 2007110618

Selamat siang teman-teman semua. Yang terhormat Bapak Arnold C Paalam selaku Dosen Professional Studies dan Ms. Valencia Naomi selaku Asisten Dosen Professional Studies. Puji syukur marilah kita panjatkan kepada Allah SWT karena berkat ridho-Nya lah kita semua dapat berkumpul bersama-sama dalam keadaan sehat walafiat siang ini.

Setelah kemarin saya membahas tentang penghargaan diri, sifat positif, dan manajemen waktu pribadi yang baik. Ternyata masih banyak faktor lain yang sangat berpengaruh bagi karir kita.

Dalam kesempatan ini saya akan sedikit berbagi kepada teman-teman semua tentang karakter kepemimpinan terpenting yang harus saya miliki untuk perkembangan karir saya nantinya. Kita semua disini tentu ingin karir kita berkembang bukan? Kita tidak ingin karir kita hanya berjalan di jalan yang itu-itu saja. Salah satu faktor yang harus kita miliki untuk mengembangkan karir kita tentunya karaker kepemimpinan dari dalam diri kita. Bila kita ingin karir kita berkembang maka tentu saja suatu saat ada kalanya kita harus memimpin. Contohnya saja jika saya pertama masuk bekerja disebuah perusahaan, awalnya saya akan bekerja sebagai karyawan biasa, lalu lama kelamaan karir saya akan bekembang yaitu dengan naiknya jabatan saya menjadi Manager. Nah, pada tahap inilah saya harus memiliki sifat kepemimpinan, karena disini saya mau tidak mau harus memimpin bawahan-bawahan saya. Itulah pentingnya karakter kepemimpinan untuk kita miliki.

Karakter kepemimpinan sendiri terbagi menjadi empat hal, yaitu kejujuran, melihat kedepan, member inspirasi, dan kompeten. Bagi saya pribadi, faktor kepemimpinan yang terpenting untuk perkembangan karir saya adalah kompeten. Bukan berarti karakter yang lain tidak penting, tentu saja karakter kepemimpinan yang lain penting untuk perkembangan karir saya, tetapi menurut saya kompeten adalah kerakter kepemimpinan terpenting yang harus saya miliki. Mengapa begitu? Karena dengan berkompeten tinggi dalam suatu bidang maka saya yang suka plin plan dan ragu dalam mengambil keputusan akan menjadi lebih percaya diri dalam bidang tersebut. Contohnya saja bidang komunikasi, jika saya mengerti banyak hal dan menguasai bidang komunikasi maka otomatis saya mempunyai kompetensi yang tinggi di bidang komunikasi. Dan dengan begitu saya akan percaya diri menjalani karir saya dan didalam memimpin pun saya akan lebih yakin dan tidak ragu karena saya memang berkompeten dalam bidang tersebut. Dengan memiliki rasa percaya diri dan yakin karena kompeten tersebut maka karir saya bisa berkembang, didasari kompeten yang tinggi dan karakter kepemimpinan yang baik, jalan menuju perkembangan karir pun akan terbuka lebar.

Itulah sedikit hal yang bisa saya bagi dengan teman-teman semua disini. Karakter kepemimpinan yang terpenting bagi kita tentu berbeda-beda, maka dari itu marilah kita gali dan kita kembangkan karakter itu bersama untuk perkembangan karir kita semua.

Terima kasih, cukup sekian pidato dari saya. Selamat siang.

0 comments:

Post a Comment